Pemkab Bekasi Perbaiki Jembatan Penghubung Dua Kampung di Desa Cipayung

09 November 2023
Desa Cipayung
Dibaca 59 Kali
Pemkab Bekasi Perbaiki Jembatan Penghubung Dua Kampung di Desa Cipayung

CIPAYUNG, CIKARANG TIMUR, BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) merehabilitasi jembatan penghubung dua kampung yang berada di Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur. Jembatan tersebut menghubungkan akses jalan antara Kampung Lilingir dan Kampung Gandaria.

 

Kepala Urusan Keuangan Desa Cipayung, Yogi Abdullah, mengatakan bahwa jembatan tersebut telah rusak dan usang dimakan usia. Jembatan tersebut dibangun sekitar tahun 70-80an dan menjadi akses utama bagi masyarakat dari kedua kampung tersebut.

 

"Akses jalan tersebut merupakan akses utama dari kedua kampung karena banyak lalu-lalang masyarakat untuk beraktivitas antara lain pelajar sekolah, petani, maupun buruh," ujarnya.

 

Perbaikan jembatan tersebut telah selesai dikerjakan selama 2 bulan lamanya. Jembatan baru tersebut memiliki panjang 12 meter dan lebar 6 meter. Anggaran perbaikan jembatan tersebut berasal dari APBD Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran 2023.

 

Sistem penerapan jembatan penghubung tersebut memakai besi dan pintu air yang dapat mengakses kelancaran air dari aliran sungai menuju saluran irigasi tersier hingga menuju lahan pertanian warga.

 

"Perbaikan jembatan tersebut sebelumnya telah diajukan selama 3 tahun dalam Musrenbang desa maupun Musrenbang kecamatan serta dari beberapa stekholder baik dinas terkait maupun DPRD Kabupaten Bekasi," kata Yogi.

 

Dengan rampungnya perbaikan jembatan tersebut, antusiasme masyarakat di wilayah Desa Cipayung cukup tinggi. Hal ini merupakan bukti bahwa jembatan ini memang sangat dibutuhkan oleh warga terutama dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sehingga berpengaruh pada perputaran roda perekonomian warga setempat.

 

"Alhamdulilah khususnya warga di Kp Lilingir sangat antusias dengan dibangunnya jembatan penghubung ini. Dengan mengadakan syukuran warga bersama tokoh masyarakat setempat dan pemerintah desa," kata Yogi.

 

Yogi mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas SDABMBK dan stakeholder terkait lainnya yang telah merealisasikan perbaikan jembatan penghubung kedua kampung tersebut melalui APBD TA 2023. Melalui perbaikan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga, memperlancar mobilitas, serta memangkas jarak tempuh antar wilayah.

 

"Pertama kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi yang telah membantu perbaikan jembatan ini. Semoga setelah terbangunnya jembatan ini dapat lebih membantu masyarakat untuk beraktivitas," tandasnya.

 

Perbaikan jembatan tersebut secara simbolis telah diresmikan oleh Pemerintah Desa Cipayung pada Rabu, (08/11/2023) lalu, dengan upacara gunting pita yang disambut antusias oleh warga.

 

Sumber : bekasikab.go.id